Di Posting Oleh : NAMA BLOG ANDA (NAMA ANDA)
Kategori : Fatwa Mu'amalah Muktamar NU
KEPUTUSAN KOMISI BAHTSUL MASAIL AD-DINIYYAH AL-MAUDHU'IYYAH
MUKTAAR KE-32 NAHDLATUL ULAMA
Di Asrama Haji Sudiang Makassar
Tanggal 06-13 Rabiul Akhir 1432 H/22-29 Maret 2010
27. Dhawabith Ittihad al-Majlis
(Ketentuan Satu Majlis)
A. Deskripsi Masalah
Secara umum, istilah ittihad al-majlis berarti kesatuan tempat, dan besar sekali pengaruhnya terhadap akad/transaksi jual beli dan nikah dalam sisi ijab kabul.
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, konsep ittihad al-majlis dalam jual beli mengalami pergeseran. Banyak terjadi akad jual beli tidak dalam satu tempat, seperti jual beli ekspor/impor dengan menggunakan media telekomunikasi modern, misalnya, via teleconference, telepon, faksimile, email, layanan pesan singkat (SMS). Begitu juga dalam akad munakahah, menggunakan media seperti yang telah disebutkan.
Pada prinsipnya, setiap akad harus jelas ijab kabulnya, dan media komunikasi modern ternyata mampu memberikan jaminan kejelasan antara ijab dan qabul.
B. Pertanyaan
1. Bagaimana pandangan Islam tentang akad bai' dan munakahat dengan menggunakan media telekomunikasi modern, misalnya teleconference, telepon, suarat elektronik (email), layanan pesan singkat (SMS) maupun faksimile?
2. Apa batasan (dhawabith) ittihad al-majlis, apakah satu tempat, satu waktu atau satu session?
3. Kapan muta'aqidain (kedua pihak yang bertransaksi) dikatakan berpisah, sehngga menggugurkan hak khiyar al-majlis?
C. Jawaban
1. Akad jual beli dengan cara tersebut duatas dianggap fi hukm ittihad al-majlis sehingga akad jual belinya sah karena masing-masing muta'aqidain saling mengetahui serta mengetahui obyeknya (al-mabi') sehingga tidak terjadi gharar (ketidakjelasan), dengan begitu akan terealisasi ijab dan qabul yang taradhin (suka sama suka). Sementara untuk munakahat, ketentuan di atas tidak berlaku.
2. Ittihad al-majlis bisa bermakna ittihad al-zaman (satu waktu), ittihad al-makan (satu lokasi), dan ittihad al-haiah (satu posisi). Perbedaan tempat yang disatukan dengan media komunikasi modern, membuat dua tempat yang berjauhan itu bisa dianggap menyatu (ta'addud al-makan fi manzilah ittihad al-makan).
3. Ittihad al-majlis dianggap berakhir apabila:
a. Alat komunikasi yang menghubungkan muta'aqidain berakhir.
b. Berdasarkan 'urf (adat kebiasaan) akad dianggap erakhir, misalnya pembicaraan beralih ke persoalan lain.
D. Dasar Penetapan
Aqwal Ulama
1. Raudhah al-Thalibin wa 'Umdah al-Muftin, (Beirut: a-Maktab al-Islami, 1405 H), Juz VII, h. 381
??? ?????? ??????? ???? ????? ??? ??????? ???? ??????? ??? ?? ???? ?? ???????? ??? ??????? ???????? ??? ??? ??? ???? ?????
2. Raudhah al-Thalibin wa 'Umdah al-Muftin, (Beirut: a-Maktab al-Islami, 1405 H), Juz VII, h. 395
????? ?????? ?????? ??? ?? ???? ?????? ?? ?? ????? ??? ??????? ??????? ???? ????? ??? ???? ???? ???? ??? ???????? ?????? ??? ???? ???? ???? ?? ??? ??? ??????
3. Badai' al-Shanai' fi Tartib al-Syarai', Juz V hal. 137
???: ???? ???? ???? ??? ???? ????? ????? ??? ????? ?????? ??? ??? ??????? ??????? ?? ???? ???? ??? ????? ?????? ?? ????? ??? ?? ???? ?????? ????? ???? ????? ?? ?????? ??? ?????? ?? ????? ???? ??? ???? ?????? ?????? ?? ??? ?? ????? ??? ?????? ?? ?? ????? ??? ??????? ?? ????? ?? ?????? ???? ??? ??? ?????? ????? ?? ?????? ?? ???? ????? ???? ?????? ?????? ????? ??? ????? ????? ??? ?? ?????? ??? ???? ??? ????????? ??? ????? ????? ??? ??????? ??? ????? ???? ???? ?????? ????? ??????? ?? ??????? ??????? ??? ??????? ???? ?????? ?? ????? ?????? ???? ????? ?? ????? ???? ????? ???? ??????? ???? ???? ????? ?? ??? ??? ?? ????? ????? ?????
4. Al-Fiqh 'ala al-Madzahib al-Arba'ah, (Beirut: Dar al-Fikr, 1990), Juz IV, h. 16
??????: ?? ???? ?????? ?????? ???????? ??? ?? ?? ???? ?? ?? ???????? ??? ????? ??? ????? ??? ??? ???? ?????? ?? ???? ??????? ?? ?????? ??? ?????? ???? ???? ?????? ???
5. Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, (Damaskus: Dar al-Fikr, 1989), Juz IV, h. 106
????? ?????? ????????: ??? ???? ??????? ??????? ?? ???? ???? ?? ??? ??????? ?????? ???? ?? ?? ???? ??? ????? ?????? ????????. ?????? ??????? ??? ???? ?? ?? ??????? ??? ??? ?? ????? ??? ???? ??????? ??????? ????? ???? ??? ?? ??? ??? ?????? ?? ?????? ???? ?? ?????? ?? ?? ??????. ????? ?????: ?? ????? ???? ???? ???? ?????????? ??????? ??? ????????. ??????? ????: ????? ?????? ?? ????? ???????
6. Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, (Damaskus: Dar al-Fikr, 1989), Juz IV, h. 106
??? ?????? ?? ????? ?????? ??????? ?? ?? ??? ??? ???? ??? ?????????? ?? ???? ????? ???? ?? ???? ???? ?????? ??? ???? ?????? ??? ??? ?????? ????? ?????? ???????? ??????? ?? ???????? ?? ????????? (???????) ????? ?????? ?????? ??????: ????? ????? ?? ????? ???? ???? ?????????? ??????? ??? ???????? ? ????? ?????: ?? ????? ???? ???? ???? ?????????? ?????? ??? ??????? ?? ????? ? ??? ??? ??? ??????? "?? ?????? ???? ?????????". ???? ??? ???? ???? ????? ?? ???????? ???????? ?? ?????????: ?? ??? ??????? ?? ??? ?????? ?? ??? ?????? ??? ????? ????????? ??? ???? ??? ????? ??????
0 Response to "Hukum Transaksi Bisnis dan Pernikahan Melalui Media Telekomunikasi - Keputusan Muktamar NU"
Posting Komentar